Tips Supaya Kos Aman dan Nyaman Menurut Pengalaman Pribadi Saya

Oleh: Diah Ayu Romadhon, A310150051

Bicara soal kos saya memiliki pengalaman pribadi dalam menciptakan kos yang aman dan nyaman. Pada tahun 2015 saya mulai masuk ke jenjang perguruan tinggi, saya kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Berhubung saya tidak mamiliki keluarga di Surakarta, jadi saya memutuskan untuk kos. Awalnya saya memilih mengkontrak rumah bersama ketiga kakak tingkat saya yang sudah dua tahun lebih dulu masuk ke UMS.

Berhubung karena saya adik tingkat sendiri saya mendapat banyak masalah dengan kakak tingkat. Mulai dari perbedaan pendapat, lalu teman-temannya yang ribut berlebihan ketika berkunjung, dan yang sangat membuat saya memilih keluar dari kontrakan karena saya terganggu oleh makhluk halus yang ada di kontrakkan. Akhirnya memasuki semester tiga saya memilih untuk keluar dari kontrakkan dan mencari kos yang nyaman buat saya.

Benar saja setelah saya berpindah ke kos, saya merasakan hidup yang nyaman dan aman. tentunya untuk mendapatkan kos yang nyaman dan aman perlu banyak pilihan dan pertimbangan. Nah saya memiliki beberapa tips buat memilih dan membuat kos aman dan nyaman.

  1. Harga Sewa

Harga sewa menjadi salah satu pertimbangan buat saya karena sangat disayangkan jika biaya terlalu mahal, lebih baik buat tambahan uang jajan saya. Kalau di daerah UMS biasanya memasang harga 3-5 juta untuk satu semester tergantung dari fasilitas yang diberikan. Alhamdulilah saya mendapatkan kos dengan harga dua juta rupiah untuk satu semesternya. Harga sewa yang lumayan murah dibanding kos lainnya.

  1. Lokasi

Lokasi kos juga menjadi pertimbangan saya. Saya memilih lokasi kos yang lumayan jauh dari kampus, sekitar sepuluh menit untuk mencapai kampus menggunakan sepedah motor. Tetapi yang membuat saya senang karena lokasi kos saya berdekatan dengan warung makan, pusat perbelanjaan, dan saya juga lebih banyak mengenal lingkungan lainnya dari pada saya tinggal di sekitar UMS.

  1. Banjir

Serem ya mendengar kata banjir, seperti melihat beberapa kos teman-teman saya ketika hujan besar turun dan sungai di sekitar kos naik maka harus mengungsi karena kos terendam air. Karena dari itu pada awal saya melihat kos dan bertemu pemilik kos, saya menanyakan hal tersebut. Alhamdulilah kos yang saya tempati tidak pernah kebanjiran.

  1. Aman dari Maling

Ini yang sangat menjadi pertimbangan buat saya. Tentunya untuk menciptakan kos yang nyaman harus didukung dengan keamanan yang terjamin. Benar lokasi kos saya jauh dari kampus tapi fasilitas yang diberikan dari pemilik kos sudah sangat membantu menambah keamanan kos. Mulai dari gerbang utama yang tinggi dan besar. Sepeda motor juga aman karena sudah disediakan tempat untuk parkir di dalam. Kunci gerbang yang susah untuk di rusak maling, dan kunci untuk pintu kamar yang dilengkapi kunci-kunci tambahan supaya tidak bisa di buka dari luar secara paksa. Hal tersebut manambahkan rasa kemanan yang tinggi untuk saya maka dari itu saya merasa nyaman karena keamanan saya terjamin.

      5. Keramaian

Bagi saya keramaian atau kebisingan menjadi pengaruh untuk kenyamanan saya belajar dan istirahat. Inilah salah satu faktor kenapa saya memilih kos yang berjauhan dari kampus. Karena kos-kos di sekeliling kampus kebanyakan terlalu ramai hingga menimbulkan kebisingan. Ketika pertama kali melihat kos saya menanyakan kepada pemilik kos jumlah kamar kos yang ada di kos, dan begitu senangnya saya hanya ada enam kamar kos, berarti tidak akan terlalu ramai dan bising. Saya merasa sangat cocok dengan suasana di kos seperti ini.

     6. Pemadaman Listrik

Sangat tidak menyenangkan apabila tempat tinggal yang kita huni sering mati listrik. Tentu saja hal ini juga menjadi pertimbangan saya ketika memilih kost agar saya nyaman untuk tinggal. Langsung saja saya tanyakan ketika bertemu pemilik kos pertama kali, “apakah daerah sini sering ada pemadaman listrik pak?” alhamdulilah katanya sudah beberapa tahun belakangan ini tidak terjadi pemadaman listrik. Mungkin terjadi, tetapi tidak lama. Tentulah saya tidak ingin tiap bulannya ada pemadaman listrik. Saya tidak mau lagi serius-seriusnya mengerjakan tugas tiba-tiba mati lampu pasti saya langsung kesal dan malas mengerjakan lagi tugas-tugas saya

     7. Air

Air menjadi hal yang sangat saya pertimbangkan, soalnya kulit saya sensitif terhadap air, dulu sewaktu di kontrakan saya tidak cocok dengan airnya dan langsung berdampak pada wajah saya, muncul banyak jerawat dimuka dan seluruh badan saya gatal-gatal. Alhamdulilah ketika melihat air di kamar kos airnya bersih tidak ada pasir-pasir yang ikut keluar dari kran air. Sampai sekarang kulit saya cocok dengan air di kos saya.

      8. Tipe Kamar

Tipe kamar sangat berpengaruh pada kenyamanan. Perlu penyesuaian untuk memilih tipe kamar yang sesuai dengan yang diinginkan.  Sebagian orang memilih untuk tipe kamar yang kamar mandi berapa di luar. Tetapi untuk kenyamanan serta dalam menjaga privasi, sebagian orang memilih untuk memiliki kamar mandi pribadi. Namun, saya menyarankan berdasarkan pengalaman pribadi saya, kamar mandi di dalam kamar lebih nyaman karena kita tidak perlu antri saat menggunakan kamar mandi, serta kebersihan dapat kita jaga sendiri.

     9. Fasilitas

Dengan harga sewa dua juta rupiah fasilitas yang saya dapatkan dari pemilik kos sudah terbilang sesuai. Kamar kost saya memiliki ukuran 3×4 dan saya mendapatkan fasilitas kamar mandi dalam, wastafel, meja belajar, lemari pakaian, dan juga perlengkapan tidur seperti kasur, bantal, dan guling. Bagi saya ini fasiltas yang sudah lebih dari cukup, melihat fasilitas yang teman-teman saya dapatkan di kosnya tidak ada yang difasilitasi dengan wastafel dan meja belajar. Hal ini membuat saya beruntung karena mendapatkan sewa kost yang murah dengan fasilitas yang sangat cukup.

     10. Hal yang Perlu Dibawa

Ketika memutuskan untuk tinggal di kos ada beberapa barang yang perlu dibawa. Seperti magic com, kipas angina, printer, speaker, peralatan makan, pakaian, perlengkapan mandi, kompor dan mesin cuci. Karena kita tidak hidup dalam waktu satu atau dua bulan saja, maka barang-barang yang perlu dibawa lumayan banyak demi keberlangsungan hidup di kos yang aman dan nyaman.

Demikian tips dari saya supaya kos menjadi aman dan nyaman untuk ditempati. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar